Nur Rokhmat, Triyanto, M. Rodndhi
Dosen Jurusan Seni Rupa
Fakultas Bahasa Dan Seni - Universitas Negeri Semarang
ABSTRAK
Dosen Jurusan Seni Rupa
Fakultas Bahasa Dan Seni - Universitas Negeri Semarang
ABSTRAK
Berbagai jenis produk yang dipromosikan melalui papan reklame kepada konsumen di antaranya memanfaatkan penokohan wanita sebagai unsur daya tariknya. Masalah dalam penelitian ini adalah wanita dalam karya seni reklame visual, lebih khusus lagi penggambaran profil wanita dan kewanitaan dalam seni reklame visual yang menggunakan wanita sebagai objeknya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi, memahami, dan menjelaskan perwujudan visual penggambaran profil wanita, tema kewanitaan yang ditampilkan, dan mengidentifikasi jenis produk yang memanfaatkan penokohan melalui papan reklame. Penelitian ini akan menambah bukti-bukti empiric bagi pendalaman dan pengembangan teori-teori seni, dan memberikan informasi empiric bagi lembaga pemerintah atau organisasi yang terkait untuk memperkaya strategi budaya dalam merumuskan kebijakan dan program usaha pembudayaan wawasan kemitrasejajaran antara wanita dan pria melalui dunia kesenian. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan form-content analysis yaitu suatu pendekatan analisis yang memfokuskan perhatian pada penelaahan kritis terhadap bentuk dan isi berdasarkan kerangka teoritik yang digunakan. Langkah analisis ditempuh melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema-tema kewanitaan yang muncul di dalam atau di balik penggambaran bentuk wanita dengan segala variasi penampilannya dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu (1) daya tarik keindahan tubuh wanita, yang terungkap secara visual dalam penampilan bentuk kemolekan, keerotisan, seksualitas, dan kecantikan tubuh; (2) sifat-sifat wanita yang secara visual terungkap dalam penampilan bentuk kelembutan, sederhanaan, keanggunan, dan keibuan; (3) peran dan status wanita yang terungkap dalam bentuk aktivitas yang dilakukan. Jenis produk yang memanfaatkan penokohan wanita ada dua kategori produk industri, yaitu (1) produk industri berupa barang dan (2) produk industri jasa.
Kata kunci : profil wanita, kewanitaan, produk, seni reklame, visual
Kata kunci : profil wanita, kewanitaan, produk, seni reklame, visual
==============================================================
KESELURUHAN ISI TULISAN BISA DIDAPATKAN PADA JURNAL SENI IMAJINASI VOLUME 1 / JULI / 2004
==============================================================
JURNAL IMAJINASI MERUPAKAN JURNAL YANG DIMILIKI OLEH FAKULTAS BAHASA DAN SENI (FBS) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES). TERBIT DUA KALI DALAM SETAHUN YAITU PADA BULAN JULI DAN BULAN JANUARI, DENGAN ISI ARTIKEL TENTANG KAJIAN ATAU ANALISIS KRITIS DAN HASIL PENELITIAN DI BIDANG SENI RUPA DAN SENI PERTUNJUKAN
==============================================================
Alamat :
FBS UNNES, Kampus Sekaran Gunungpati Semarang
Post a Comment
Silahkan meninggalkan komentar disini, yang sopan ya ! :)